Skip to main content

Timor DOHC susah Hidup saat Starter

Relay Engine DOHC



TIMOR DOHC WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP, SETELAH DI DIAMKAN BEBERAPA MENIT BARU MAU HIDUP. ITUPUN KALO PADA SAAT PANAS MESIN DI MATIKAN SEJENAK SEPERTI SAAT BELI BBM, ATAU PUN SEKEDAR UNTUK BELI KICIMPRING.  ðŸ˜…😅

Timor dohc paling banyak memiliki kasus seperti ini, dan karna kasus seperti ini pula yg telah menyebabkan bnyak korban dari si pengguna timor, korban dari salah analisa sang mekanik, biasa nya mekanik langsung memvonis utk mengganti coil, delco, pompa bensin, ada juga sebagian yg memvonis utk mengganti ECU. Atau ada juga yg lebih extreme nyuruh ganti bpkb. 😅😅😅😅.mobil jajan banyak tapi penyakit ga kelar2 😅😅😅😅.

Sebetulnya kasus seperti ini msalah nya bukan ada pada salah satu part yg udh lemah, masalah utamanya adalah terlalu simple nya sistem kelistrikan timor, kenapa bisa di katakan simple??  Karna timor dohc yg notabene udh berbasis injeksi yg segala sesuatunya sudah dikontrol oleh sistem elektrikal, fungsi elektrikal engine nya hanya di kontrol oleh satu relay, yaitu main relay engine kaki 5 yg ada pada fuse box di ruang mesin. Beda dengan mobil2 lain nya yg beberapa fungsi part nya memiliki relay2 terpisah, contohnya untuk relay fuel pump yg terpisah pada mobil2 lain.
Kelebihan dan kekurangan sistem satu relay.
a. Kelebihan nya : sistem kelistrikan lebih simpel
b. Kekurangan nya : nah ini yg menjadi pembahasan utamanya, dengan hanya menggunakan satu relay, otomatis kerja relay terporsir, tegangan input ke relay harus benar2 sempurna untuk menghasilkan output yang sempurna pula.

Kembali ke kasus diatas, mesin susah hidup ketika panas ya karena ada berkurangnya tegangan yang dikirimkan relay engine ke ECU ketika mesin sedang panas (biasanya terlebih saat sedang di stater fan radiator dalam keadaan menyala) sehingga ECU mengalami ke'eror'an dalam mengkalkulasikan perintah ke setiap fungsi aktuator.
Lantas penyebabnya apa??  Penyebabnya ada beberapa faktor:
1. Karena fungsi relay tidak bekerja sempurna ketika panas, ini biasanya penggunaan relay tidak memakai relay original, yang secara kualitas kurang baik.
2. Sistem kelistrikan wiring harness sudah mengalami penurunan karena faktor usia.

Cara penanganannya :
Penanganan trouble engine mobil itu tidak bisa tebak2 buah manggis, satu kasus sama penanganan dan penyebab masalahnya ada berbagai jenis.
Cek secara bertahap, jika anda memiliki kasus seperti ini coba ganti relay dulu dengan yang original. Jika setelah diganti dengan relay yang original tapi penyakit masih ada,
a. cek tegangan input dan output pada relay.
b. cek tegangan pada jalur kabel wiring, karena dengan usia kabel mobil yg sudah uzur bisa menyebabkan berkurangnya tegangan yang dikirim oleh kabel ketika panas, cek juga konektivitas kabel2 dan grounding.

Demikian tulisan ini kami buat semoga bermanfaat. Kurang lebih nya mohon maaf.

CEU EDOH

Special thanks to Om Nandang

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

BAGIAN-BAGIAN TIMOR

MENGENAL BAGIAN-BAGIAN TIMOR Timorer Pringsewu Berikut adalah istilah-istilah pada mesin dan bagian-bagian mesin yang dirasa perlu kita ketahui :  1. DOHC Double Over Head Camshaft (disebut juga twincam). 2 (dua) camshaft dalam 1 (satu) cylinder head. Pada timor, diaplikasikan pada S515i yang menggunakan teknologi injeksi pada system pembakarannya. 2. SOHC Single Over Head Camshaft. 1 camshaft dalam 1 cylinder head, pada timor diaplikasikan pada S515 yang menggunakan teknologi karburator pada system pembakarannya. 3. ECU (DOHC) Engine Control Unit, dikenal juga dengan EMS atau Engine Management System, adalah system elektronik yang mengontrol beberapa aspek pada mesin. ECU menentukan jumlah bensin, waktu pengapian dan beberapa parameter lain yang dimonitor oleh sensor yang ada dimesin yang memberikan signal berupa besaran arus atau resistansi. Letaknya kurang lebih di bawah tape mobil (didalam Kabin). 4. TPS (DOHC) Throttle Position Sensor, adalah sensor yang digunakan untuk mem...

Timorer Pringsewu

Timorer Pringsewu Timorer Lampung Chapter Pringsewu, atau disebut sebagai timorer Pringsewu merupakan chapter yang terbentuk dari afiliasi Lampung dengan lokasi sekretariat dan bengkel di Krandegan, Gadingrejo, Pringsewu, Lampung (-5.371195,105.075476) Timorer Pringsewu terbentuk atas dasar ketertarikan akan mobil yang pernah menjadi icon mobil nasional yaitu Timor yang merupakan produk dari PT. Timor Putra Nasional milik Hutomo MP selaku anak dari mantan Presiden RI Soeharto. Atas dasar ketertarikan dan visi misi yang sama yaitu berasas kekeluargaan dengan jargon "seduluran selawase" maka terbentuklah timorer Pringsewu pada 28 April 2018. Dengan seiring waktu hingga saat ini member atau calon member mulai bertambah, dengan harapan bahwa timorer Pringsewu akan terus bertambah member dan semakin solid, serta bermanfaat. Salam hangat, salam santun, salam 1 aspal Prima Andika Timorer Pringsewu