Relay Engine DOHC
TIMOR DOHC WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP, SETELAH DI DIAMKAN BEBERAPA MENIT BARU MAU HIDUP. ITUPUN KALO PADA SAAT PANAS MESIN DI MATIKAN SEJENAK SEPERTI SAAT BELI BBM, ATAU PUN SEKEDAR UNTUK BELI KICIMPRING. 😅😅
Timor dohc paling banyak memiliki kasus seperti ini, dan karna kasus seperti ini pula yg telah menyebabkan bnyak korban dari si pengguna timor, korban dari salah analisa sang mekanik, biasa nya mekanik langsung memvonis utk mengganti coil, delco, pompa bensin, ada juga sebagian yg memvonis utk mengganti ECU. Atau ada juga yg lebih extreme nyuruh ganti bpkb. 😅😅😅😅.mobil jajan banyak tapi penyakit ga kelar2 😅😅😅😅.
Sebetulnya kasus seperti ini msalah nya bukan ada pada salah satu part yg udh lemah, masalah utamanya adalah terlalu simple nya sistem kelistrikan timor, kenapa bisa di katakan simple?? Karna timor dohc yg notabene udh berbasis injeksi yg segala sesuatunya sudah dikontrol oleh sistem elektrikal, fungsi elektrikal engine nya hanya di kontrol oleh satu relay, yaitu main relay engine kaki 5 yg ada pada fuse box di ruang mesin. Beda dengan mobil2 lain nya yg beberapa fungsi part nya memiliki relay2 terpisah, contohnya untuk relay fuel pump yg terpisah pada mobil2 lain.
Kelebihan dan kekurangan sistem satu relay.
a. Kelebihan nya : sistem kelistrikan lebih simpel
b. Kekurangan nya : nah ini yg menjadi pembahasan utamanya, dengan hanya menggunakan satu relay, otomatis kerja relay terporsir, tegangan input ke relay harus benar2 sempurna untuk menghasilkan output yang sempurna pula.
Kembali ke kasus diatas, mesin susah hidup ketika panas ya karena ada berkurangnya tegangan yang dikirimkan relay engine ke ECU ketika mesin sedang panas (biasanya terlebih saat sedang di stater fan radiator dalam keadaan menyala) sehingga ECU mengalami ke'eror'an dalam mengkalkulasikan perintah ke setiap fungsi aktuator.
Lantas penyebabnya apa?? Penyebabnya ada beberapa faktor:
1. Karena fungsi relay tidak bekerja sempurna ketika panas, ini biasanya penggunaan relay tidak memakai relay original, yang secara kualitas kurang baik.
2. Sistem kelistrikan wiring harness sudah mengalami penurunan karena faktor usia.
Cara penanganannya :
Penanganan trouble engine mobil itu tidak bisa tebak2 buah manggis, satu kasus sama penanganan dan penyebab masalahnya ada berbagai jenis.
Cek secara bertahap, jika anda memiliki kasus seperti ini coba ganti relay dulu dengan yang original. Jika setelah diganti dengan relay yang original tapi penyakit masih ada,
a. cek tegangan input dan output pada relay.
b. cek tegangan pada jalur kabel wiring, karena dengan usia kabel mobil yg sudah uzur bisa menyebabkan berkurangnya tegangan yang dikirim oleh kabel ketika panas, cek juga konektivitas kabel2 dan grounding.
Demikian tulisan ini kami buat semoga bermanfaat. Kurang lebih nya mohon maaf.
CEU EDOH
Special thanks to Om Nandang
TIMOR DOHC WAKTU MESIN PANAS DI STATER GAMPANG TAPI MESIN SUSAH HIDUP, SETELAH DI DIAMKAN BEBERAPA MENIT BARU MAU HIDUP. ITUPUN KALO PADA SAAT PANAS MESIN DI MATIKAN SEJENAK SEPERTI SAAT BELI BBM, ATAU PUN SEKEDAR UNTUK BELI KICIMPRING. 😅😅
Timor dohc paling banyak memiliki kasus seperti ini, dan karna kasus seperti ini pula yg telah menyebabkan bnyak korban dari si pengguna timor, korban dari salah analisa sang mekanik, biasa nya mekanik langsung memvonis utk mengganti coil, delco, pompa bensin, ada juga sebagian yg memvonis utk mengganti ECU. Atau ada juga yg lebih extreme nyuruh ganti bpkb. 😅😅😅😅.mobil jajan banyak tapi penyakit ga kelar2 😅😅😅😅.
Sebetulnya kasus seperti ini msalah nya bukan ada pada salah satu part yg udh lemah, masalah utamanya adalah terlalu simple nya sistem kelistrikan timor, kenapa bisa di katakan simple?? Karna timor dohc yg notabene udh berbasis injeksi yg segala sesuatunya sudah dikontrol oleh sistem elektrikal, fungsi elektrikal engine nya hanya di kontrol oleh satu relay, yaitu main relay engine kaki 5 yg ada pada fuse box di ruang mesin. Beda dengan mobil2 lain nya yg beberapa fungsi part nya memiliki relay2 terpisah, contohnya untuk relay fuel pump yg terpisah pada mobil2 lain.
Kelebihan dan kekurangan sistem satu relay.
a. Kelebihan nya : sistem kelistrikan lebih simpel
b. Kekurangan nya : nah ini yg menjadi pembahasan utamanya, dengan hanya menggunakan satu relay, otomatis kerja relay terporsir, tegangan input ke relay harus benar2 sempurna untuk menghasilkan output yang sempurna pula.
Kembali ke kasus diatas, mesin susah hidup ketika panas ya karena ada berkurangnya tegangan yang dikirimkan relay engine ke ECU ketika mesin sedang panas (biasanya terlebih saat sedang di stater fan radiator dalam keadaan menyala) sehingga ECU mengalami ke'eror'an dalam mengkalkulasikan perintah ke setiap fungsi aktuator.
Lantas penyebabnya apa?? Penyebabnya ada beberapa faktor:
1. Karena fungsi relay tidak bekerja sempurna ketika panas, ini biasanya penggunaan relay tidak memakai relay original, yang secara kualitas kurang baik.
2. Sistem kelistrikan wiring harness sudah mengalami penurunan karena faktor usia.
Cara penanganannya :
Penanganan trouble engine mobil itu tidak bisa tebak2 buah manggis, satu kasus sama penanganan dan penyebab masalahnya ada berbagai jenis.
Cek secara bertahap, jika anda memiliki kasus seperti ini coba ganti relay dulu dengan yang original. Jika setelah diganti dengan relay yang original tapi penyakit masih ada,
a. cek tegangan input dan output pada relay.
b. cek tegangan pada jalur kabel wiring, karena dengan usia kabel mobil yg sudah uzur bisa menyebabkan berkurangnya tegangan yang dikirim oleh kabel ketika panas, cek juga konektivitas kabel2 dan grounding.
Demikian tulisan ini kami buat semoga bermanfaat. Kurang lebih nya mohon maaf.
CEU EDOH
Special thanks to Om Nandang
Mksh tutorialnya.
ReplyDeleteNanti aku coba di mobilku.